Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting
|Home | IT Magazine | Gamer | Serba-serbi | WebSite |

HomeSelamat Datang / Wilujeng Sumping / Welcome / Ahlan Wasahlan

Rabu, 19 Maret 2008

AMD

Tentang AMD

Kalo secara teori arsitektur AMD bisa dikatakan lebih baik, tapi dalam kinerja sebenarnya tidaklah terlalu signifikan. Teknologi HT yang diadopsi AMD memang jauh lebih cepat sampai 2000MT ketimbang Intel yang menggunakan FSB yang sampai terbaru saja baru mencapai 1333 dari sebelumnya 1066. Namun hal itu tidak serta merta dapat mengalahkan intel. Hal tersebut mungkin disebabkan karena intel yang selalu lebih dahulu menggunakan teknologi memory terbaru. Ya ukur saja, kalo sekarang Intel sudah mengadopsi DDR3 yang beberapa sekian persen lebih cepat ketimbang DDR2, bukan tidak mungkin bahwa kinerja Intel pun akan dibantu oleh proses kinerja memory, yang berarti semakin cepat kinerja memory dan prosesor semakin cepat data yang diproses. Nah untuk AMD, AMD terkesan memacu kinerja memory disebabkan memory controller terintegrasi dengan prosesor, jadi kalo kita menggunakan memory kelas kacangan, jangan harap kinera PC ok! Hal tersebut cenderung menyebabkan PC suka Hang.. Dan juga seperti yang saya katakan dalam posting saya sebelumnya bahwa AMD akan selalu merubah arsitektur prosesornya disebabkan munculnya jenis memory terbaru, lihat saja lompatan perubahan socket
AMD dari socket A hingga AM2 hingga AM3 yang akan datang yang begitu cepat muncul dalam hitungan tahun. Dan integrated memory controller pada AMD menyebabkan prosesor AMD bersuhu dan bervoltase lebih tinggi ketimbang Intel, yang berarti AMD lebih panas dan boros daya. Namun, maniak AMD bisa bersenang hati prosesor socket AM3 masih bisa kompatible dengan socket AM2, tapi tidak sebaliknya, soale integrated memory controller pada prosesor AM2 tidak mendukung memory DDR3. Iniliah peta kelemahan AMD. AMD takut kehilangan maniaknya karena memaksa mereka untuk ganti motherboard jika prosesor terbaru AMD muncul, jadi dibuatlah prosesor baru yang bisa kompatibel dengan Mobo lama. Hal itulah yang membuat AMD nggak mau menjual prosesornya mahal-mahal karena takut AMD mania kecele he he hee… Untuk AMD mania! Maaf ya saya Cuma unek-unek aja kok.

1. Inget ya.. Hypertransport AMD itu bukan hanya jalur FSB.. tapi dia semacam chip to chip networking.. jalurnya gede kayak jalan tol.. sistem kerjanya canggih. Makanya dengan Hypertransport NVIDIA dan ATI bisa bikin 2 VGAcard yg jalan bareng (SLI dan Xfire).
HaliniintelBelumpunya..

2. Memory controller AMD memang terintegrasi di processornya..
Keuntungannya adalah lantaran memory controller udah diambil alih oleh processor, maka chip mobo (northbridge) kerjanya jadi lebih enteng, dan dia bisa dijejali dengan macam2 fitur laen, tanpa bergantung pada chip laen (south bridge).
Intel memang masih konvensional.. memory controller dipasang di chipset mobo. Tapi kedepannya, dulu ada kabar kalo Intel juga akan seperti AMD.. memory controller di processor..

Oia.. dalam dunia OC, memory controller terintegrasi malah bikin nyaman.. semisal FSB sama2 naek tinggi, meskipun pake divider, tapi pinalty-nya tidak segede processor dengan memory controller di chipset..

3. AMD bersuhu tinggi?? Wakakaka.. info jaman kapaann?? Sejak generasi K8 AMD sudah dingin.. dan K8 inilah processor pertama AMD dengan memory controler terintegrasi..

Oia, dan karena arsitektur AMD yg efisien, AMD ga butuh clock yg tinggi agar performanya bisa setara dengan Intel.. Krn makin tinggi clock.. makin tinggi pula voltase yg dibutuhkan..
makin tinggi voltase = makin panas...

Pentium-4 3Ghz.. bisa ditandingi dengan Athlon64 3200+ dengan clock 2Ghz saja..

Dual Core AMD juga lebih dingin dari pada Pentium-D Intel..
Lebih dingin.. tetapi kinerja lebih cepat..

Tapi rupanya intel sadar.. makanya kluar Core2Duo.. clock kecil.. performa gahar...

4. Menurut saya, Intel pake DDR2 itu lantaran latar belakang Pentium.. Arsitektur boros daya, pipeline panjang, dan butuh masukan data yg besar.. Nah DDR biasa saja engga cukup. Makanya Intel beralih ke DDR2..

Tapi semenjak core duo.. bahkan mungkin generasi Pentium-M Dothan.. Intel udah sadar...

Kalo AMD.. rasanya arsitekturnya udah efisien.. ga butuh masukan data gede.. tapi lebih butuh kecepatan masukan data.. makanya latency di memory bisa mempengaruhi kinerja processor AMD..

Tapi untuk generasi AM2, dan mungkin selanjutnya.. semoga saja AMD bisa memanfaatkan besaran speed memory yg ada sekarang.

5. Namanya teknologi ya selalu berubah. Ga bisa selamanya pake soket yg sama..
Tapi liat aja..

Dulu jaman pentium4, soket 478 juga pindah ke soket 775.. ga bisa dipasang khan?

terus.. meskipun sama2 soket 775 tapi koq ga bisa dipasangin dualcore??
itu terjadi di chipset i915/i925.. kalo mo pentium-D kudu pake chipset i945/i955..

teruussssss...
muncul core2 duo awal.. yg punya i945/i955 apa bisa dipasangkan dengan core2 duo?
jawabnya mungkin ada yg bisa..
tapi inget! Itu eksperimental.. alias ga resmi disupport.. lantaran Core2 duo itu butuh PWM yg beda dengan Pentium-D.
Nah.. sayang banget bagi pemilik mobo chipset i975.. udah beli mahal2.. ga bisa dipasang dengan core2 duo..
Akhirnya Intel merilis revisi i975X yg support core2 duo..

Kalo AMD, rasanya masih mending..
dulu soket 754..
trus kluar soket 939..
bagi pemilik soket 939 (termasuk saya), bisa upgrade ke dual core (athlon-X2) soket 939 hanya dengan Update bios saja..
Bahkan soket 939 bisa dipasangkan dengan processor server.. AMD Opteron..

sekarang soket AM2.. udah dualcore.. tapi bilangnya masih akan kompatible dengan processor yg pake AM2+

AM2 dan AM2+ itu hanya beda versi HT-nya saja..

Soal AM3.. saya blum tau.. lantaran blum ada info…

Tidak ada komentar:

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Lokasi anda